Tugas FlowChart


2.2.2. Mencari Bilangan FIBONACCI

Bilangan  FIBONACCI  adalah  suatu  deret  bilangan  bulat  positif  (integer)  tak berhingga   yang secara berurutan adalah didefinisikan sebagai berikut ini :

1   1   2   3   5   8   13   21   34   58   89   . . . dst

Jika diamati deret bilangan FIBONACCI di atas, maka dapat dipahami bahwa nilai bilangan FIBONACCI suku ke-n dalam deret tersebut dapat dihitung dengan menjumlahkan dua bilangan terdekat pada urutan sebelumnya.

Sebagai contoh, suku bilangan ke-6 dapat dihitung dengan menjumlahkan suku bilangan ke-5 dan ke-4. Nilai bilangan FIBONACCI suku-5 dapat dihitung dengan cara  menjumlahkan  suku  bilangan  ke-4  dan  ke3.  Nilai  bilangan  FIBONACCI suku-4 dapat dihitung dengan cara menjumlahkan suku bilangan ke-3 dan ke-2. Nilai  bilangan  FIBONACCI  suku-3  dapat  dihitung  dengan  cara  menjumlahkan suku bilangan ke-2 dan ke-1.

Secara  umum  nilai  bilangan  FIBONACCI   suku-n  dapat  dihitung  dengan menjumlahkan nilai-nilai bilangan FIBONACCI suku-(n-1) dan ke-(n-2). Dengan demikian, nilai-nilai bilangan FIBONACCI untuk n=1 dan n=2 merupakan nilainilai awal yang perlu ditetapkan sebelumnya. Nilai-nilai awal tersebut digunakan sebagai dasar untuk menghitung nilai-nilai bilangan FIBONACCI untuk suku-suku berikutnya, yaitu bernilai 1 (lihat deret FIBONACCI di atas).



Pencarian  nilai  suku  bilangan  FIBONACCI  secara  rekursi  dapat  dinotasikan sebagai berikut ini :

FIBONACCI(n)= n                                                      ; jika n=1 atau n=2

FIBONACCI(n)= FIBONACCI(n-1)+FIBONACCI(n-2)         ; jika n>2

Contoh :

Mencari bilangan FIBONACCI suku ke-4 dapat dihitung secara rekursi dengan cara sebagai berikut :

nilai bilangan FIBONACCI suku ke-2 dan ke-1 adalah 1, sehingga dari hasil perhitungan  diperoleh  harga  FIBONACCI  suku  ke-4  adalah  sama  dengan  3. Untuk  harga-harga  bilangan  FIBONACCI  pada  suku-suku  selanjutnya  dapat dihitung dengan cara yang sama seperti di atas.

Flowchart prosedur untuk mencari nilai bilangan FIBONACCI suku ke-n secara rekursi ditunjukkan diatas. Sedangkan, solusi dalam bentuk algoritmanya dapat dituliskan sebagai berikut ini :

Masukan suku bilangan FIBONACCI yang akan dicari (=n).

FIBONACCI   merupakan   variabel   untuk   menyimpan   harga   suku   bilangan Fibonacci yang dicari.

1.  Mulai

2.  Baca n

3.  Proses berulang langkah-2
Cek harga n

IF (n=1) OR (n=2)

Jika ya, FIBONACCI(n) = 1, lanjutkan ke langkah-4

Jika tidak, FIBONACCI(N) = FIBONACCI(n – 1) + FIBONACCI(n – 2)

4.  Cetak hasil

FIBONACCI(n)

5.  Selesai

Tinggalkan komentar

Avatar

Blog Stats

  • 1.728 hits